
Pengantar
Di era digital yang penuh inovasi dan kreativitas, kemampuan membuat media pembelajaran atau konten interaktif berbasis mobile menjadi keterampilan yang sangat berharga. Tidak hanya di dunia pendidikan, tetapi juga dalam dunia industri kreatif, pemasaran digital, hingga pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia.
Pelatihan ini dirancang untuk membekali peserta dengan keterampilan membuat aplikasi mobile multimedia interaktif secara mudah dan menarik menggunakan Smart Apps Creator (SAC)—sebuah platform user-friendly yang memungkinkan siapa pun membuat aplikasi tanpa coding. Lebih dari itu, pelatihan ini juga akan mengintegrasikan metode mind-mapping sebagai teknik berpikir kreatif dan terstruktur dalam merancang aplikasi.
Dengan pendekatan berbasis praktik dan proyek, pelatihan ini diharapkan mampu menumbuhkan daya cipta, meningkatkan literasi digital, dan mendorong semangat inovasi peserta dalam menghasilkan karya yang aplikatif dan bernilai.
Tujuan Pelatihan
-
Mengenalkan konsep dan potensi aplikasi mobile multimedia interaktif dalam berbagai bidang.
-
Melatih peserta dalam menggunakan teknik mind-mapping untuk merancang ide dan struktur aplikasi.
-
Memberikan keterampilan teknis dalam menggunakan Smart Apps Creator (SAC) untuk membuat aplikasi interaktif.
-
Mendorong peserta menghasilkan produk aplikasi interaktif sebagai karya akhir pelatihan.
-
Mengembangkan kreativitas dan kemampuan berpikir visual peserta.
Manfaat Pelatihan
Peserta pelatihan akan memperoleh manfaat sebagai berikut:
-
Memahami cara menyusun konten interaktif berbasis multimedia.
-
Menguasai alat bantu mind-mapping untuk merancang aplikasi secara terstruktur.
-
Mampu menggunakan SAC untuk membuat dan mempublikasikan aplikasi mobile.
-
Meningkatkan kemampuan desain UI/UX dan storytelling digital.
-
Mendapatkan portofolio digital berupa aplikasi karya sendiri.
-
Meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan digital yang relevan dengan era industri kreatif dan pendidikan modern.
Sasaran Peserta
Pelatihan ini ditujukan bagi:
-
Guru, dosen, dan tenaga kependidikan yang ingin membuat media pembelajaran interaktif.
-
Mahasiswa dan pelajar yang tertarik pada dunia digital kreatif dan teknologi edukasi.
-
Wirausahawan, konten kreator, dan profesional yang ingin membuat aplikasi presentasi, promosi, atau storytelling.
-
Pelatih, instruktur, dan fasilitator pelatihan yang ingin meningkatkan metode interaktif dalam menyampaikan materi.
-
Siapa pun yang ingin belajar membuat aplikasi tanpa perlu kemampuan pemrograman.
Berikut adalah usulan 10 sesi pelatihan untuk Pelatihan Membuat Mobile Multimedia Interaktif yang Menarik dengan Mind-Mapping dan Smart Apps Creator (SAC). Setiap sesi dirancang agar peserta dapat memahami konsep, mempraktikkan pembuatan aplikasi, serta menghasilkan produk akhir yang menarik dan bermanfaat.
Sesi 1: Pengenalan Mobile Multimedia Interaktif dan SAC
-
Tujuan: Memahami konsep mobile multimedia interaktif dan potensi penggunaannya.
-
Materi: Definisi, contoh aplikasi, pengantar Smart Apps Creator (SAC), instalasi, dan antarmuka SAC.
Sesi 2: Konsep Dasar Mind-Mapping untuk Kreativitas dan Perencanaan Aplikasi
-
Tujuan: Menggunakan mind-mapping untuk merancang ide aplikasi.
-
Materi: Apa itu mind-mapping, alat bantu (manual/digital), latihan membuat mind-map ide aplikasi.
Sesi 3: Menyusun Konten Multimedia Interaktif
-
Tujuan: Memahami berbagai jenis konten multimedia (teks, gambar, audio, video, animasi).
-
Materi: Prinsip storytelling visual, memilih konten yang sesuai, hak cipta dan sumber daya gratis.
Sesi 4: Mendesain Struktur Aplikasi dengan Mind-Mapping
-
Tujuan: Mengubah mind-map menjadi struktur navigasi aplikasi.
-
Materi: Pemetaan antar halaman, alur pengguna, storyboard sederhana.
Sesi 5: Penggunaan Smart Apps Creator – Dasar
-
Tujuan: Memahami tools dasar SAC.
-
Materi: Membuat halaman, menambahkan gambar, teks, tombol, dan transisi antar halaman.
Sesi 6: Penggunaan Smart Apps Creator – Lanjutan
-
Tujuan: Membuat interaktivitas yang lebih kompleks.
-
Materi: Trigger & action, membuat kuis/interaksi, integrasi audio dan video.
Sesi 7: Desain UI/UX yang Menarik untuk Aplikasi
-
Tujuan: Memahami prinsip desain antarmuka yang ramah pengguna.
-
Materi: Warna, tipografi, iconografi, layout, dan prinsip UI/UX dasar.
Sesi 8: Uji Coba, Perbaikan, dan Evaluasi Aplikasi
-
Tujuan: Menguji aplikasi buatan peserta.
-
Materi: Debugging, revisi desain/konten, peer review, dan feedback pengguna.
Sesi 9: Penerbitan dan Simulasi Penggunaan Aplikasi
-
Tujuan: Menyiapkan aplikasi untuk distribusi dan penggunaan nyata.
-
Materi: Export project, cara menampilkan di perangkat mobile, presentasi simulasi.
Sesi 10: Presentasi dan Pameran Karya Peserta
-
Tujuan: Memberi kesempatan peserta memamerkan hasil karya dan mendapatkan apresiasi.
-
Materi: Presentasi karya masing-masing, diskusi & refleksi pembelajaran, pemberian sertifikat.
Jika mempunyai pertanyaan berkaitan dengan pelatihan, pendampingan dan layanan kami, serta berkeinginan kerjasama, silahkan kontak kami, haitan.rachman@inosi.co.id